Rabu, 12 Januari 2011

Camp Kids Al-Amin, Latih Kemandirian Anak


            Isi puncak pembelajaran sekolah  tema “Kebutuhan”, PG/TK Al-Amin – Wage – Sidoarjo menggelar Camp Kids di sekolah. Selama 4 jam, anak-anak mengisi kegiatan  kemandirian dan tanggungjawab.
            Ditengah rintik-rintik hujan pukul 09.30 WIB anak-anak PG/TK Al-Amin mulai berdatangan. Memang, khusus hari ini siswa masuk lebih siang dibandingkan hari biasanya yakni masuk pukul 07.15 WIB. Mereka dilatih para bundanya mengisi kegiatan puncak tema “Kebutuhan”.
Hari ini juga mereka mengenakan baju bebas, bantal untuk tidur siang, baju ganti, dan menu 4 sehat 5 sempurna. “Masing-masing kelas sudah dikelompokkan membawa menu apa. Misalnya kelas TK A dan TK B membawa sebungkus nasi putih, ayam goreng 1 potong, telur dadar, buah 2 macam, dan sayur sop,” terang Bunda Feriana coordinator kegiatan.
Sedangkan kelas Play Group masing-masing anak membawa sebungkus nasi putih, dua potong tempe dan tahu goreng. Sebagai pelengkap 5 sempurnanya, semua siswa membawa susu kemasan satu buah. “Semua bekal yang dibawa siswa dikumpulkan menjadi satu. Ketika jadwal makan siang akan dimakan bersama-sama,” kata Bunda Feriana sambil menata menu di meja kayu.
Sebelum jadwal makan siang dilakukan, para siswa diajak bundanya melakukan bersih-bersih kelas. Mereka diajak menyapu, mengepel lantai, membersihkan loker sepatu, menata kursi kelas, dan menyiapkan tikar untuk tempat tidur.


Misalnya Jagad dan Alya kelas TK B, keduanya terlihat bersemangat membersihkan kaca kelas sambil kakinya dijinjitkan karena kurang menjangkau kaca bagian atas. Sama halnya dengan Raihan Putra kelas TK A, ia mengaku sangat senang melakukan bersih-bersih kelas bersama teman-temannya. “Enak bunda, aku di rumah tidak pernah “lap-lap” kaca,” ujarnya dengan senyum.
Mailav kelas TK B juga terlihat bersemangat menggerakkan pegangan pel-pelan. Dibantu temannya, Mailav mengepel lantai teras kelasnya. “Awas minggir, nanti terpeleset lho,” katanya dengan keras kepada teman-temannya yang lewat didepannya.
Usai bersih-bersih kegiatan dilanjutkan tidur siang, makan siang, dan mandi. Makan dan mandi anak-anak sendiri yang melakukan. Setelah selesai makan, sendok dan piring mereka cuci sendiri di tempat cucian yang telah disiapkan. “Jangan lupa sebelum dan sesudah makan berdoa. Dan, habis makan piring dan sendok di cuci sendiri yang bersih,” pesan Bunda Endang kepada para siswa.
Nur Sholikhah Kepala Sekolah PG/TK Al-Amin mengatakan kegiatan ini semata-mata melatih kemandirian anak. Misalnya ketika makan mereka harus bisa makan sendiri “Tidak seperti di rumah yang biasanya beberapa anak ada yang disuapai ibunya,” kata Nur Sholikhah. Hal kecil lainnya misalnya tanggungjawab akan kebersihan lingkungan. Anak-anak harus bisa membersihkan lingkungan sekitarnya. “Semoga hal-hal yang dilakukan di sekolah bisa diterapkan di rumah bersama bimbingan orangtua,” harapnya.

CP: LUSI
031-40007227


         
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar